Tugas: “PERAN SEORANG PUBLIC RELATIONS MANAGEMENT DALAM MEMECAHKAN MASALAH”

Public relations sebagai fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. (Scott M. Cutlip, 2007:6).

Peran Manajemen PR
Menurut Edward L. Bernay dalam bukunya Public Relations (1952, University of Oklahoma Press) terdapat 3 fungsi utama:
1. Memberikan penerangan kepada masyarakat
2. Melakukan persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsung
3. Berupaya untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan suatu badan/lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.

Sehubungan dengan 3 peran Manajemen PR diatas, maka sebagai contoh realisasi dalam dunia kerja dapat diambil kasus yang dialami oleh pihak Grand Indonesia. Dibawah ini adalah berita yang termuat di DetikNews.com, (03/08/13)


Judul 1
Berita 1

Dibagian pertama tertulis peran seorang Manajement PR adalah “Memberikan penerangan kepada masyarakat”. Maka terkait dengan kasus diatas yang dialami oleh Grand Indonesia, Public Relations Grand Indonesia Devyani Angrainy membenarkan keterangan bahwa memang pihak Grand Indonesia menerima laporan adanya seorang pengunjung starbucks kehilangan handphonenya dan akan melakukan tindakan preventif untuk mejaga keamanan dan kenyamanan para karyawan dan pengunjung Grand Indonesia.

Kedua, “Melakukan persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsung”. Tindakan persuasi yang dilakukan oleh Publik Relations GI ini adalah dengan memberikan keterangan bahwa Grand Indonesia selama ini selalu aman dan setelah kejadian diatas pihaknya akan melakukan tindakan preventif serta mengerahkan personel keamanan demi menjaga keamanan dan kenyamanan pegawai dan pengunjung dari para pencopet. Dengan adanya keterangan diatas setidaknya dapat mengubah mindset masyarakat bahwa Grand Indonesia akan tetap aman dengan dikerahkannya personel keamanan.

Terkait dengan video yang beredar di Youtube, Devyani Anggariny memberikan keterangan bahwa video itu bukan dari pihak resmi perusahaan yang dinaunginya. Jadi,disini masyarakat bisa beranggapan bahwa video tersebut bisa saja palsu.

Begitulah peran seorang Manajemen PR dalam menjaga nama baik perusahaan yang dinaunginya dengan memberikan keterangan-keterangan yang dapat menghapus isu-isu buruk yang sempat beredar dalam masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s