Materi: lLMU FIQH Part I

ILMU FIQH PART I
Oleh: Drs H Muhammad Kurdi M HI
Mata Kuliah: Ilmu Fiqh
Jurusan: Ilmu Komunikasi A 2012

A. PENDAHULUAN
SYARIAH

> Syariah berarti ketetapan.
> Hukum-hukum yang ditetapkan oleh Allah SWT untuk hamba hambanya yang dibawa oleh salah seorang Nabi-Nya, baik hukum-hukum tersebut berhubungan dengan cara-cara bertingkah laku yang dengannya lahirlah Ilmu Fiqh, maupun hukum-hukum yang berhubungan dengan cara beri’tikad yang dengannya lahirlah Ilmu Kalam.
> Syariah meliputi Iman, Islam, dan Ihsan.
> Kemudian beberapa kurun waktu Syariah mengalami penyempitan arti, yaitu “Pengaturan yang digariskan Allah SWT atau pokok-pokoknya agar manusia berpegang kepadanya, di dalam hubungan manusia dengan Tuhannya, manusia dengan saudaranya sesama muslim, dengan alam dan di dalam hubungan dengan kehidupan.
> Perkembangan terakhir, pengertian Syariah dipersempit lagi yaitu “Hukum-hukum yang tegas (Qat’i) yang tidak dapat diganggu gugat lagi, berasal dari al-Quran yang sunnah dan shahih, atau ditetapkan dengan Ijma’.
FIQHI
> Menurut bahasa adalah pengetahuan dan pemahaman
> Menurut bahasa Fiqh berarti faham yang mendalam atau pengertian yang mendalam tentang maksud dan tujuan suatu perkataan dan perbuatan.
> Al-Jurani mengatakan bahwa Al-Fiqh menurut bahasa berarti “Memahami maksud pembicara dan perkataannya”.
> Imam Muhammad Abu Zahrah sedikit membedakan Al-Fiqh dengan Al-Fahm. Al-Fiqh berarti “Pemahaman yang mendalam lagi tuntas yang dapat menunjukkan tujuan dari perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan”
> Jadi, kesimpulannya Al-Fiqh menurut bahasa adaah berarti pengetahuan, pemahaman, dan pengertian terhadap suatu secara mendalam.
> Menurut istilah adalah Ilmu tentang hukum-hukum syara’ yang bersifat amaliah (Praktis) yang diambil dari dalil-dalil secara tafhsil (Terperinci)

Sedikit intermezzo dari Dosen Mata Kuliah ini.. Disimak yaaa…
“Katanya perempuan itu seperi Anjing. (Eh, jangan langsung Negative Thingking dong). Anjing kan sifatnya begini, kalau dikejar selalu lari-lari, eh pas kita berhenti mengejarnya, dia balik ke belakang dan mencari yang mengejarnya”. Kalau difikir-fikir, benar juga sih. Hahaha😛

Mungkin postingannya akan terbagi menjadi beberapa bagian, kebetulan hari ini materi yang dibahas cuma sesingkat yang ada diatas, jadi saya usahakan setelah beberapa pertemuan yang akan datang, saya usahakan untuk me-mosting materinya lagi disini.

Thanks udah baca.. Semoga dapat bermanfaat

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s