UKURAN KECIL, KUANTITAS OVER

Ukuran tidak sesuai dengan kuantitas Mahasiswa yang dimiliki.


Salah satu dari sekian banyak fakultas yang ada di Universitas Islam Negeri (UIN)Alauddin Makassar, terdapat Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini terdapat beberapa jurusan, seperti Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), serta Management Dakwah (MD).

               

Apabila ada salah satu Mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memasuki fakultas Dakwah dan Komunikasi ini, pasti akan secara spontan mengatakan fakultas ini ukurannya sangat kecil, dibandingkan dengan fakultas yang saya tempati. Dan itu memang benar, bahwa kenyataannya fakultas Dakwah dan Komunikasi inilah yang fakultas terkecil yang ada di Universitas Islam Negeri Alauddin ini.

               

Tapi apabila dilihat dari kuantitas Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi,fakultas ini menempati urutan keempat dari semua fakultas yang ada di UIN ini. Mungkin di pihak Birokrasi kewalahan dalam mengatur ruangan perkuliahan para Mahasiswa yang jumlahnya sangat banyak. Apabila dilihat dari jadwal perkuliahan para mahasiswa, ada beberapa kelas yang masih melaksanakan perkuliahan para hari sabtu. Padahal seharusnya untuk Universitas negeri itu pada hari sabtu seharusnya para mahasiswa diliburkan. Tapi di fakultas ini tidak menerapkan seperti itu sehingga ada sebagian mahasiswa yang merasa bahwa hari liburnya dalam satu minggu itu kurang.

               

Mungkin ini semua disebabkan karena kurangnya ruang belajar yang dimiliki oleh fakultas. Bayangkan saja setiap tahunnya berapa mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang diwisuda ?? Palingan hanya sekitaran 15 orang, sedangkan bayangkan berapa mahasiswa baru yang masuk setiap tahunnya ??. Tahun ini mahasiswa baru yang diterima oleh FDK ini adalah sekitaran 400 orang.

               

Dilihat dari perbandingan ini saja sudah tidak sinkron. Apabila dihubungkan dengan dunia ekonomi, maka akan menjad  “ pemasukan lebih besar daripada pengeluaran”. Dalam ruang lingkup ekonomi,  ini merupakan sesuatu yang sangat bagus, akan tetapi dalam ruang lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini merupakan sesuatu yang kurang bagus. Seandainya tahun depan Mahasiswa baru yang diterima bertambah banyak dari tahun ini, maka mereka akan melaksanakan kuliah dimana ?

Jadi menurut saya, sebaiknya jumlah ruangan perkuliahan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini sebaiknya ditambah agar jadwal perkuliahan berjalan efekif mulai dari hari senin sampai hari Jum’at. Dan para mahasiswa juga tidak kewalahan mencari ruangan apabila akan melaksanakan kuliah apabila ada Dosen yang berhalangan hadir dan digantikan di hari lain. (NAA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s