Beberapa Istilah dalam WordPress

Karena saya baru di WordPress, jadi saya akan share tentang istilah-istilah dalam WordPress.
Antara Lain:
AdSense adalah jaringan periklanan kontekstual milik Google dan sangat populer di kalangan blogger. Google AdSense adamerupakan lah salah satu cara untuk memonetasi blog. Anda sebagai publisher akan dibayar berdasarkan jumlah klik pada iklan teks/gambar AdSense yang tampil pada blog Anda. Di Indonesia, Adsense/Google AdSense sering disingkat dengan istilah GA.

AdWords adalah kebalikan dari AdSense. AdWords adalah jasa pemasangan iklan milik Google. Pemasang iklan (advertiser) akan dikenakan biaya berdasarkan sistem cost-per-click (CPC). Iklan-iklan yang dipasang tersebut itu nantinya akan tampil secara konstektual dan tertarget pada media (blog, email, feed, dll) yang disediakan oleh publisher AdSense.

Akismet adalah plugin wordpress yang sangat populer, yang berfungsi untuk mencegah spam. Plugin ini bahkan secara otomatis terinstal saat Anda menginstal WordPress.

Alexa merupakan salah satu perusahaan di bidang internet, yang merekam trafik pada seluruh website/blog. Ranking yang dikeluarkan Alexa tersebut kemudian berkembang menjadi salah satu parameter penting dalam dunia internet. Semakin rendah nilai Alexa sebuah website, maka semakin tinggi trafik yang dimiliki website tersebut.

Anchor Text adalah istilah untuk teks (kata atau kalimat) yang digunakan sebagai link/backlink. Anchor Text juga merupakan aspek penting dalam SEO.

ATOM adalah salah satu bentuk berlangganan feed sebuah website. ATOM muncul sebagai alternatif untuk RSS, yang memungkinkan seseorang mendapatkan update konten terbaru dari sebuah website.

Backlink adalah sebuah link/hyperlink pada sebuah halaman web yang mengarah ke website lain, baik itu mengarah ke homepage ataupun halaman lainnya. Backlink merupakan faktor penting bagi search engine untuk menentukan kualitas dan nilai sebuah website. Semakin banyak/populer backlink yang diterima oleh sebuah website, maka semakin tinggi nilai website tersebut. Sedemikian pentingnya Backlink, sehingga sangat banyak bermunculan bisnis yang menawarkan jasa backlink untuk sebuah website.

Blog adalah salah satu jenis website/halaman web. Pada dasarnya blog adalah berupa tulisan/diary/jurnal online yang terdiri atas kumpulan artikel pendek (post) dan tersusun secara kronologis berdasarkan tanggal ataupun kategori. Dalam perkembangannya, blog berubah menjadi sebuah media populer dalam dunia internet.

CPC adalah singkatan dari Cost-per-Click, yang merupakan sebuah sistem periklanan online dimana pemasang iklan mengeluarkan biaya berdasarkan jumlah klik pada iklan yang mereka pasang. Iklan itu sendiri biasanya mengarah pada website atau halaman produk/jasa milik pemasang iklan. Iklan-iklan mereka akan tampil pada website jaringan publisher (penayang iklan). Jenis periklanan yang populer adalah Google AdSense, Chitika, dan masih sangat banyak lainnya.

Favicon adalah istilah yang berarti ‘favorites icon’. Favicon mengacu kepada icon sebuah website yang tampil pada tab browser atau tepat disamping URL sebuah situs pada browser Anda. Favicon berguna sebagai identitas sebuah website, seperti layaknya logo.

Feed adalah sebuah fasilitas yang memungkinkan kita untuk berlangganan secara digital pada sebuah web, yang memungkinkan kita menerima update ketika sebuah web memiliki konten terbaru. Terdapat dua format utama feed, yaitu ATOM dan RSS.

Publisher adalah sebutan untuk orang (juga website) yang menayangkan iklan milik jaringan periklanan (advertising network), baik itu jenis iklan CPA, CPM, CPA dan lain sebagainya

RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, yaitu semacam format berlangganan web yang sangat populer, bahkan hingga saat ini. Orang yang berlangganan RSS pada sebuah website akan mendapatkan pemberitahuan saat website tersebut memiliki posting terbaru, atau yang biasa disebut feed. Dengan RSS Anda tidak perlu mengunjungi website tersebut untuk membaca posting terbaru, melainkan cukup melalui tool feed reader ataupun email Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s